Selasa, 08 November 2011

tugas front office kuliah online


1.       IArti dari GLOSERI ISTIlah-istilah yang terkait dengan bagian reservasi
1. additional charge:
Penambahan biaya terhadap harga kamar yangdibebankan kepada tamu karena melebihi bataswaktu check-out. (lebih dari dua jam) atauadanya tambahan penghuni kamar
2. advance :
Sejumlah uang muka untuk pembayaran
3. Reservation deposit :
yang diterima oleh hotel dari tamu atau travel agent atas pemesanan kamar,besarnya uang muka biasanya minimal harga satu malam kamar ditambah denganpajak dan pelayanan
4. Advance:
deposit Sejumlah uang yang dibayarkan sebagai jaminan pemesanan reservasi kamar. Dapatdibaya sebagian dari harga kamar
5. Allotment :
Suatu alokasi permintaan dari biroperjalanan terhadap hotel untuk diberikanbeberapa kamar setiap hari dalam jangkawaktu tertentu, sehingga pihak biroperjalanan bisa menjual bebas dalam jumlahtertentu tanpa mengadakan permintaan ataumenghubungi pihak hotel terlebih dahulu
6. Amendments :
Orang yang pernah memesan kamar akantetapi terjadi suatu perubahankedatangannya, lama tinggal, perubahannama tamu yang akan tinggal/menginap
7. american plan (AP) :
Satuan harga kamar yang sudah termasuk makan,lebih lanjut dibeda-bedakan menjadi,
4 (empat) jenis termasuk :Full american plan (FAP), modifedamerican plan (MAP), continental plan,bermuda plan (BP)
8. an affiliatereservation networks ystem :
Sebuah jaringan pemesanan kamar untuk hotel yang memiliki mata rantai bisnis Seperti; Sheraton Hotel, Hilton Hotel, HyattHotel, The Ritz Carlton Hotel ,Inter Continental Hotel dan lain-lain
9. a non-affiliatereservation networks ystem :
Jaringan pemesanan kamar yang tidakt erikat pada mata rantai hotel
10. arrival :
Tanggal kedatangan tamu tiba (check-in)di hotel baik tamu reservasi maupun tamu walk-in

11. booking/reservation :
Reservasi kamar yang dilakukan oleh calontamu beberapa waktu sebelumkedatangannya, dengan cara, lewat telpon,faksimile, e-mail, ataupun datang langsung
12. cancellationnumber :
Nomer/kode pembatalan pemesanan yangdiberikan oleh pihak hotel kepada pihak pemesan
13. draft :
Catatan kasar sebelum surat dibuat
14. no show guest :
Tamu yang sudah melakukan pemasanankamar reservasi tapi tidak datang padawaktu yang telah ditentukan
15. Hotel representative:
pemesanan kamar yang berasal dari kantor perwakilan hotel seperti perwakilan yang berada di bandara udara.



·         Walk-in guest rate : khusus untuk tamu hotel yang datang ke hotel tanpa melakukan pemesanan kamar sebelumnya. Ada hotel yang memberikan harga tertentu tetapi masih ada ruang untuk ditawar sampai ke harga yang paling rendah, yang menjadi patokan bagi hotel (buttom rate).

Group rate : grup adalah tamu dari satu perusahaan atau kelompok yang memesan kamar di hotel untuk hari tertentu dengan jumlah kamar minimal 8 kamar. Mereka bisa datang bersama sama dan juga secara sendiri-sendiri. Hanya saja, mereka dalam satu perusahaan atau rombongan yang sama untuk menginap di hotel yang sama.

Travel agent rate : harga kamar untuk travel agent, bahkan ada hotel yang memasang harga kamar terendah untuk kelompok travel agent. Biro perjalanan untuk mendapatkan harga rendah karena mereka adalah salah satu urat nadi suatu hotel yang terus mensuplai tamu secara terus menerus, sehingga travel agent yang satu mendapatkan harga yang berbeda untuk hotel, dengan harga hotel yang lain.

 Corporate rate : harga kamar khusus untuk tamu yang berasal dari perusahaan tertentu, namun harga khusus ini juga diberlakukan untuk tamu langganan

·         Embassy rate : harga untuk para tamu yang berasal dari kedutaan suatu negara .


Referensi (di kutip dari): buku niwayan suwithi,
Akomodasi perhotelan jilid 1
www.gogle.com stilah-istilah yang terkait dengan bagian reservasi


2.      Pembatalan pemesanan kamar (cancelation of reservation)
Adalah terjadinya pembatalan terhadap pemesanan kamar yang telah dilakukan sebelum waktu kedatangannya di hotel, kemudian hotel akan memberikan kode/nomer pembatalan reservasi kepada tamu sebagai bukti bahwa telah terjadi pembatalan. Di beberapa hotel yang tingkat hunian kamarnya tinggi akan menetapkaan peraturan jika pembatalan kamar terjadi setelah jam 18.00 maka advance payment for reservation akan dipotong 50%. Jika terjadi pembatalan pemesanan kamar, maka petugas reservasi akan melakukan hal sebagai berikut:


a. Mengambil data pemesanan kamar yang telah dilakukan
b. Menanyakan alasan pembatalan kamar serta mengisi formulir pembatalan denga lengkap
c. Mencoret slip pemesanan kamar
d. Hapus data pada tabel pemesanan kamar
e. Simpan kembali pada arsip



3.       Jakarta, November 9 2001
Intercontinental hotel midplaza jakarta
Jl jend sudirman kav 12-45
Jakarta, Indonesia
Telp (021)5842745/fax (021)2585465

Dear sir /mam
I would like to reserve a room for my client. My client a group is a consisting of 15 persons. The name is ms.dinas, ms. Ria, ms. Ira, ms. Ita, ms. Ika, ms.rinaj, mr. eko, mr.fuka, mr.nunughi, mr.rudi, mr.bagas, mr.hari, ms. Siska,ms.lian, mr. ilham. He will stay at intercontinental hotel jakarta midplaza for 3 nights. From date of december 30, 2011. His/her flight number is GA67687 from malaysa. And my client arrive at your hotel about 13.00pm. please pick up my client at soekarno hatta airport by lemosine. And I will reserv a 10 room is room suite with double bed and my client reqoise the room provide a privat meeting room and please take a fruit basket every morning in his room. We will pay the room only to travel agent other to personal account. If there is a question you can call me at my mobile 021548257652 or my office number (21)2541560. and please send me confirmation letter.

Sincerelly, yours.

Bella indaini haning
Dunia indah tour travel agent no.09
Jl, raya kayu manis jkarta selatan
jakarta, indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar