Jumat, 13 September 2013

tugas club med

STUDI KASUS : CLUB MEDITERANIAN, MANFAAT EKONOMI BAGI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

TOPIK DISKUSI

Apakah manfaat dan masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap :
a. Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat)?
b. Negara dengan perekonomian sedang berkembang
Jawaban :

      Menurut saya dari wacana / artikel yang telah diceritakan disana sangat menarik. Karena dampak ekonomi dari pemasaran Club Mediterania ini sangat bagus. Karena bisa merangsang pertumbuhan ekonomi yang ada dipedesaan. Baik itu secara langsung (Direct Effect), tidak langsung (Indirect Effect), dan ikutan (Induced Effect). karena jumlah tamu yang datang banyak dan biaya yang dikeluarkan oleh si tamu tersebut dianggap pendapatan bagi yang lain. Dan bisa dikatakan efek pertama yang dirasakan langsung adalah sipemilik hotel, karena jumlah tamu yang datang semakin meningkat dan banyak. Selain itu tidak hanya dirasakan oleh sipemilik hotel, karyawan juga ikut merasakan pendapatan service bertambah karena pengeluaran yang dikeluarkan oleh si tamu tersebut merupakan pendapatan bagi yang lain. Jadi banyak karyawan yang diperkejakan, jadi bisa menekan angka pengangguran dan juga pastinya dapat meningkatkan jumlah pendapatan penduduk suatu negara, jumlah pendapatan bagi negara juga seperti hal nya dari pajak. 

     Dan tidak sampai disitu saja, pengeluaran yang dikeluarkan oleh tamu juga dirasakan oleh pihak Induced yang menjadi pendapatan / keuntungan untuknya, seperti toko oleh – oleh, toko kerajinan tangan, dan lain – lain. Jadi menurut saya, dengan adanya kegiatan pariwisata dipedesaan disemua negara pasti akan merangsang pertumbuhan ekonomi didesa tersebut, sehingga warga disekitar dan didesa tersebut dapat merasakan manfaatnya. Sehingga masyarakat didesa tersebut akan lebih memperhatikan lagi tentang pariwisata ditempatnya khususnya bagi lingkungan dan alam sekitar.

Manfaat Club Mediterania bagi perekonomian negara maju & berkembang :
  1.   Merangsang pertumbuhan ekonomi pariwisata dipedesaan dan meningkatkan kegiatan pariwisata didesa – desa atau yang sekarang kita kenal / sebut sebagai “Desa Wisata”.
  2.  Meningkatkan pendapatan bagi masyrakat pedesaan dan juga bagi negara, karena sebagai sumber devisa untuk negara tujuan destinasi
  3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyrakat lokal tersebut.
  4. Memperkuat nilai tukar mata lokal terhadap mata uang asing 
  5. Dapat mengurangi barang – barang import


Masalah – masalah ekonomi, sosial, dan budaya yang ditimbulkan :

      Kebocoran devisa / ekonomi, karena yang kita baca dari cerita diatas bahwa Club Mediterania dimiliki oleh orang Perancis. Jadi jika ada tamu Perancis yang menginap disana maka perputaran pengeluaran sitamu yang dianggap pendapatan oleh pihak lain akan berputar disekitar itu saja dengan kata lain akan kembali ke Perancis juga. Sedangkan Local People hanya terkena sedikit saja keuntungan dari dampak pariwisata yang dilakukan oleh Club Mediterania.

            Pengkikisan / pergesaran budaya, jika telah terjadi kegiatan pariwisata dipedesaan tidak menutup kemungkinan akan teradi pergesaran budaya, sehingga untuk para pemuda / pemudi bangsa Indonesia ini harus ditumbuhkan rasa Nasionalisme terhadap bangsa, dan tidak meninggalkan tradisi dari masing – masing budaya, karena itu adalah jati diri kita sebagai bangsa Indonesia.

            Rusaknya Moral, seperti yang kita ketahui, bahwa dampak dari wisatawan asing yang berkunjung dan melakukan pariwisata dipedesaan ataupun diperkotaan, pasti banyak pemuda / pemudi bangsa Indonesia yang sudah mulai mengikuti trend disana, seperti menggunakan pakaian yang sangat minim, banyak yang tidak sopan santun lagi terhadap yang lebih tua, dan wejangan dari tradisi masing – masing budaya sudah mulai sedikit – demi sedikit ditinggalkan. Dan banyak sekali tempat – tempat di beberapa tempat destinasi wisata tempat prostitusi, itu pun akibat negatif yang ditimbulkan. Miris sekali bukan, negara ini yang terkenal akan kesopan santunnannya dan ramah tamanya dan kental akan tradisi adat dan kepercayaan agama masing – masing diwilayah Indonesia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar